CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 21-01-2022 05:54:26 agen properti purwokerto

Dilihat : kali

Kamus Istilah dalam Bahasa Properti di Indonesia

Banyak diantara kita para pemain properti namun tidak mengenal dengan baik istilah-istilah dalam dunia properti Indonesia. Bisa jadi diantara kita  mungkin sekedar tahu mengenai arti superblock, agen property, PBB. Namun jika dihadapkan dengan singkatan-singkatan yang terdiri hingga 5 kata, siapa yang punya waktu untuk mengingat semua kata-kata itu? Walau demikian, kita dihadapkan dengan fakta bahwa investasi property semakin menguntungkan hari-hari ini. Cepat atau lambat kita harus menyiapkan pengetahuan mengenai bidang properti Indonesia .

Baik sebagai pembeli, investor, agen, scout, maupun calon pembeli, kita harus tahu istilah-istilah properti Indonesia yang biasa digunakan agar nantinya tidak tertipu. Baiklah aekarang anda duduk, bersantai, sambil menyuruput kopi Anda. Karena kami sudah mengkompilasi A-Z seputar properti Indonesia yang perlu kamu tahu:

Baca juga: JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO

JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO. Sebuah rumah berada di lokasi sangat Strategis di Pusat Kota Purwokerto. Terdapat dua rumah dan 2 sertifikat, dengan  7 kamar tidur ( 2 Kamar tidur ber AC) dan 4 kamar mandi ( 3 kamar mandi

A

Agen property 

Pihak atau orang yang menjembatani antara penjual dan pembeli properti, pada dasarnya agen properti ada yang tergabung dalam sebuah kantor agen properti ataupun individu.

Agunan (collateral)

Aset milik peminjam yang diberikan kepada pihak bank, aset tersebut nantinya akan menjadi milik bank jika peminjam gagal untuk membayar cicilan. Dalam skema pengajuan KPR biasanya agunan yang diberikan kepada bank adalah sertifikat tanah.

AJB 

Akta Jual Beli. AJB Merupakan surat keterangan bahwa satu properti sudah dipindahtangankan dari satu pihak ke pihak lain karena aktivitas jual beli.

Amortisasi 

Pengurangan utang berjalan dengan membayar hutang secara tetap dengan jumlah yang sama. Dengan amortisasi, pembayaran utang terdiri atas pembayaran pokok (principal) dan pembayaran bunga (interest).

Anami 

Apartemen sederhana milik, hunian vertikal ini kelasnya di atas rusunami namun di bawah apartemen komersil.

Anchor Tenant 

Anchor tenant adalah pihak yang menyewakan ruko atau ruang dalam sebuah proyek properti komersial seperti mall contohnya.

Anuitas Rest 

Perhitungan pembebanan bunga efektif dengan periode tahunan. Jika debitur membayar lebih untuk mengurangi pokok kredit, maka dengan sendirinya akan mendapatpengurangan beban dan pastinya waktu pelunasan akan berakhir lebih cepat dari tenor (masa cicilan).

Arsitek 

Sebuah profesi yang membuat gambar desain bangunan agar indah dan nyaman digunakan.

Arus Kas (Cash Flow)

Laporan mengenai aliran dana masuk dan aliran dana keluar dalam satu periode tertentu

B

Backlog

Selisih antara jumlah kebutuhan hunian dengan jumlah ketersediaan hunian yang ada.

BBN

Bea Balik Nama. Biaya ini dibutuhkan dalam mengganti nama kepemilikan suatu properti.

Booming

Suatu keadaan dimana sebuah jenis properti sedang mengalami lonjakan permintaan. Booming juga turut mempengaruhi kenaikan harga satu jenis properti yang sedang banyak diincar.

BP Tapera

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat adalah sebuah lembaga yang membantu untuk mengelola keuangan masyarakat untuk bisa memiliki rumah sendiri.

BPHTB

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan merupakan pajak yang dikenakan kepada pembeli properti (tanah, rumah, apartemen, ruko dan lain-lain).

BPN

Badan Pertanahan Nasional.

Broker

Pihak atau orang yang menjembatani antara pembeli/investor dengan penjual. Broker properti mendapat keuntungan dari hasil komisi yang telah disepakati.

Bubble properti

Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi meningkatnya harga properti di suatu kawasan. Peningkatan harga tersebut bahkan cenderung tidak realistis, hal ini disebabkan karena meningkatnya permintaan dan spekulasi.

Bunga mengambang (Floating rate)

Suku bunga dengan besaran yang berbeda, penentuan suku bunga ini berdasarkan Bank Indonesia.

Bunga tetap (Fix rate)

Suku bunga dengan besaran tetap hingga masa tenor pinjaman selesai.

C

Capital Gain

Besarnya keuntungan atau laba yang didapat dari penjualan aset investasi properti dibandingkan dengan harga saat membeli.

Cash back

Satu bentuk penawaran dimana pembeli mendapatkan sejumlah pengembalian uang tunai saat deal membeli sebuah properti. Besarnya cash back bervariasi dan sudah ditentukan oleh pengembang atau penjual.

Cluster

Suatu lingkungan tempat tinggal dimana terdapat beberapa bangunan rumah tapak yang memiliki konsep, bentuk, dan ukuran sama. Cluster biasanya juga dilengkapi oleh fasilitas one gate system.

Co-broking

Kerjasama penjualan properti dari dua agen properti atau lebih.

Cost and Fee

Sebuah istilah yang mengacu kepada sistem kontraktor ketika membangun sebuah properti. Sistem ini merupakan sebuah jasa pelaksanaan yang digabung dengan jasa pengawasan.

Cut and fill

Satu proses yang dilakukan oleh ahli untuk meratakan tanah. Prosesnya sendiri adalah mengeruk satu bagian lahan yang berbukit, kemudian tanahnya digunakan untuk menguruk/ menimbun bagian lain agar menjadi rata.

D

Demand

Jumlah permintaan mengenai suatu jenis properti dalam satu kurun waktu tertentu.

Developer

Pihak (bisa berupa satu perusahaan atau badan) yang membangun suatu areal properti. Tidak terbatas hanya membangun perumahan, developer juga turut membangun kawasan niaga atau komersial seperti ruko juga gedung kantor.

Down Payment

Uang muka. Biasanya diasosiasikan sebagai tanda jadi atau tanda keseriusan seseorang dalam membeli atau menyewa properti.

E

Earlybird

Membeli suatu properti saat pertama kali properti tersebut ditawarkan. Keuntungan yang bisa didapat dari pembelian ini biasanya adalah harga yang masih murah di bawah harga jual aslinya. Namun, pembelian secara early bird berarti juga Anda sebagai pembeli harus sabar dalam menunggu properti tersebut jadi dan siap huni.

Escrow

Badan penengah yang netral antara penjual dan pembeli dengan tugas menitipkan uang jaminan / deposit, tanda tangan PPJB dan sampai serah terima AJB. Tugas Escrow di Indonesia dilakukan oleh Notaris.

F

Fasos

Fasilitas yang dibuat oleh pemerintah atau pihak swasta guna dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam lingkungan pemukiman. Contohnya yakni puskemas, klinik, sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat rekreasi, taman bermain, tempat olahraga, ruang serbaguna, makam, dsb.

Fasum

Fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Contohnya yakni jalan raya, angkutan umum, saluran air, jembatan, halte, alat penerangan umum, jaringan listrik, trotoar, tempat pembuangan sampah, dan lain sebagainya.

Fixed Cost and Fee

Salah satu sistem kerja sama yang dilakukan oleh kontraktor dan pelanggan, sistem ini adalah jumlah fee tertentu yang dibayarkan oleh pelanggan tanpa melihat besarnya biaya fisik pekerjaan. Kontrak ini dapat diterapkan bila pekerjaan dapat dirumuskan secara garis besar dan jelas.

FLPP

Fasilitas Likuiditas Pembiayan Perumahan merupakan program yang dialakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan program ini maka Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat meminjam KPR dengan bunga yang terjangkau.

G

Girik / letter C

Keterangan bukti penguasaan atas tanah namun bukan tanda bukti kepemilikan hak atas tanah. Dibuktikan dengan pembayaran pajak atas tanah.

Groundbreaking

Penggalian dasar bangunan, sebagai tahap awal pembangunan properti.

GSB

Garis Sempadan Bangunan, yakni garis batas terluar dari properti yang akan didirikan.

GSJ

Garis Sempadan Jalan, garis batas terdepan pagar bangunan yang telah ditetapkan dalam rencana kota.

H

Hak Sewa

Hak yang diberikan dari pemilik tanah ke penyewa dalam jangka waktu tertentu.

HGB

Hak Guna Bangunan adalah sertifikat atau kewenangan yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan untuk mengelola sebuah lahan untuk dikelola oleh pengembang. Berbeda dengan SHM, untuk sertifikat jenis ini masa berlakunya harus diperpanjang jika memasuki masa 30 tahun. dengan masa perpanjangan maksimal 20 tahun.

HGU

Hak Guna Usaha adalah hak yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan kegiatan peternakan, perikanan serta perkebunan di atas tanah negara. Beda HGU dengan Hak Sewa ialah HGU hanya diterbitkan khusus untuk bisnis peternakan, perikanan dan juga perkebunan dengan luas lahan minimal 5 hektar.

HPL

Hak menguasai dan mengolah tanah atau lahan yang dimiliki oleh negara, pemilik hak juga bisa menyerahkan kepada pihak ketiga untuk bersama-sama mengolah lahan.

Baca juga: JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO

JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO. Sebuah rumah berada di lokasi sangat Strategis di Pusat Kota Purwokerto. Terdapat dua rumah dan 2 sertifikat, dengan  7 kamar tidur ( 2 Kamar tidur ber AC) dan 4 kamar mandi ( 3 kamar mandi

I

IMB

Izin Mendirikan Bangunan. Diberikan kepada perorangan atau badan hukum sebagai landasan pelaksanaan kegiatan pembangunan properti.

Indent

Sistem pembelian dengan cara menunggu terlebih dahulu. Jika dalam pembelian properti, maka buyer harus menunggu hingga properti yang dibeli siap huni.

Investor

Pembeli properti dengan motivasi untuik mencari keuntungan bukan untuk ditinggali. Biasanya investor properti akan mendapat keuntungan dari properti yang ia sewakan atau dijual kembali.

IPB

Izin Penggunaaan Bangunan. Yaitu izin yang diberikan kepada perorangan atau badan hukum setelah pembangunan properti selesai sesuai IMB serta telah memenuhi syarat fungsi perlengkapan bangunan.

K

Kanto

Kantor Toko adalah sebuah bangunan yang dibuat meninggi lebih dari satu lantai, bangunan ini pun memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni satu lantai berfungsi sebagai kantor dan satu lagi sebagi toko.

KDB

Koefisien Dasar Bangunan adalah angka persentase perbandingan antara luas seluruh area yang bisa dibangun dengan area yang tersedia.

KLB

Koefisien Lantai Bangunan adalah persentase perbandingan antara luas lantai yang bisa dan boleh dibangun dengan luas area yang tersedia. KLB biasanya diberlakukan pada bangunan-bangunan yang tinggi karena dari nilai KLB dapat dilihat berapa jumlah total lantai yang bisa dibuat.

KMB

Kelayakan Menggunakan Bangunan bisa juga disebut sebagai Sertifikat Laik Fungsi (SLF) merupakan izin yang diberikan oleh Pemerintah Daerah keoada sebuah bangunan yang baru saja dibangun. Izin ini diberikan setelah terlebih dahulu di periksa kondisi bangunan apakah benar-benar layak untuk digunakan.

Kondotel

Kondominium hotel adalah proyek properti yang dibangun layaknya sebuah apartemen, namun bukan untuk ditinggali melainkan untuk disewa layaknya sebuah hotel. Nantinya investorpun tidak perlu pusing untuk mencari penyewa, karena manajemen hotel yang akan mengurusinya.

Kopel

Dua rumah yang dibangun berderet dengan satu desain yang hanya dipisahkan oleh satu dinding dan hanya menggunakan satu atap.

KPA

Kredit konsumen yang disediakan oleh bank dan memiliki tujuan khusus yakni untuk pembelian apartemen.

KPR

Kredit konsumen yang disediakan oleh bank dan memiliki tujuan khusus yakni untuk pembelian rumah.

KPR Informal

KPR Informal merupakan skema kredit yang disediakan oleh bank untuk mereka para pekerja non formal seperti wiraswastawan.

L

Loss transaction

Sebuah istilah yang lazim digunakan oleh para investor properti, istilah ini mengacu kepada kesalahan perhitungan ketika membeli properti, investor tidak memperhitungkan untuk mengeluarkan biaya pajak BPHTB, membayar broker, notaris dan lain-lain.

LTV

Loan to Value. Yaitu rasio antara nilai kredit terhadap jaminan pada saat awal pemberian kredit.

M

Masterplan

Rencana dan kerangka pengembangan jangka panjang dari suatu proyek yang ada di suatu wilayah.

Mixed-used Development

Suatu keadaan proyek properti yang menggabungkan beberapa fungsi sekaligus ke dalam satu lingkungan misalnya kantor dan tempat tinggal.

N

Negotiator

Petugas tahap ketiga dengan tugas berunding dengan owner mengenai harga dan cara serah terima serta melaporkan kepada investor / buyer yang bersangkutan.

Nice property

Properti bernilai bagus dan menguntungkan dari segala sudut pandang seperti lokasi, pertumbuhan harga properti, dan sebagainya.

NJOP

Nilai Jual Objek Pajak, yakni harga terendah atas sebuah properti. NJOP juga dimaknai sebagai nilai dasar pengenaan pajak bagi PBB yang ditetapkan negara.

Notaris

Pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya.

NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP berfungsi sebagai identitas seseorang dalam hal kewajiban dan hak pada bidang pajak.

NUP

Nomor Urut Pemesanan adalah nomor urut yang diberikan kepada calon pembeli, untuk memilih unit rumah atau apartemen. yang baru dilaunching.

O

Okupansi

Tingkat penyewaan unit pada sebuah apartemen, hotel, perkantoran ataupun ruko.

Owner

Pemilik sebuah properti

P

PBB

Pajak Bumi dan Bangunan adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan sebuah pajak yang bersifat kebendaan, artinya pajak terutang ditentukan oleh keadaan objek yaitu bumi/tanah dan atau bangunan.

Peruntukan

Rancangan penggunaan dalam sebuah kawasan berdasarkan fungsi-fungsi tertentu contohnya seperti pemukiman, industri, perdagangan, perkantoran dan lain-lain.

PPAT

Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah pejabat umum yang diberikan kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

PPh

Pajak Perolehan penghasilan, yakni pajak yang dikenakan terhadap subjek pajak terkait penghasilan yang diterima dalam tahun periode pajak.

PPJB

Perjanjian pengikatan jual beli ialah perjanjian awal antara penjual dan pembeli sebuah properti. PPJB bersifat bawah tangan dan tidak melibatkan notaris atau PPAT.

Baca juga: JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO

JUAL RUMAH DEKAT SMAN 2 PURWOKERTO. Sebuah rumah berada di lokasi sangat Strategis di Pusat Kota Purwokerto. Terdapat dua rumah dan 2 sertifikat, dengan  7 kamar tidur ( 2 Kamar tidur ber AC) dan 4 kamar mandi ( 3 kamar mandi

PPN

Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah atas sebuah transaksi jual beli dan berlaku untuk segala jenis jual beli, baik yang dilakukan oleh perseorangan ataupun badan.

Primary market

Properti baru yang dijualkan kepada pemilik pertama.

Property Crash

Situasi dimana harga properti naik tajam atau turun cepat beriringan dengan situasi perekonomian.

Prosperous

Wilayah yang mungkin memunculkan keuntungan jika dilakukan investasi properti.

Putusan Banding

Keputusan yang dikeluarkan oleh pengadilan pajak terhadap suatu sengketa yang dialami penanggung pajak.

R

RAB

Rencana Anggaran Biaya adalah rincian perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk sebuah proyek konstruksi, termasuk di dalamnya adalah biaya upah pegawai serta hal-hal lain yang mendetil.

Ready Stock

Proyek properti (rumah, apartemen, ruko dan lain-lain) yang dijual dalam kondisi sudah terbangun dan siap untuk digunakan.

Recession

Kondisi saat terjadinya penurunan daya beli akan objek properti.

Refinancing (Pembiayaan Ulang)

Langkah yang ditempuh oleh seseorang untuk mengatur ulang pembiayaan KPR yang sudah berjalan dengan sistem penghitungan ulang properti yang sudah dibeli. Pengajuan refinancing ini bisa dilakukan ke bank yang sedang menjadi pemberi hutang KPR saat ini, bisa pula diajukan ke bank lain. Keuntungan dari refinancing atau pembiayaan ulang ini adalah pemohon bisa mendapatkan bunga pinjaman dan yang lebih rendah, serta jangka waktu pinjaman yang lebih lama.

Rukan

Rumah Kantor adalah sebuah bangunan yang dibuat meninggi lebih dari satu lantai, pada bagian bawah bangunan ini biasanya berfungsi sebagai kantor.

Ruko

Rumah Toko merupakan sebuah bangunan yang biasanya dibuat lebih dari satu lantai atau bertingkat, pada bagian bawahnya biasanya digunakan untuk usaha dan bagian atasnya digunakan sebagai tempat tinggal.

Rusunami

Rumah Susun Sederhana Milik. Sering disebut juga 'Apartemen Bersubsidi'.

Rusunawa

Rumah Susun Sederhana Sewa.

S

SBDK

Suku Bunga Dasar Kredit atau dalam Bahasa Inggris disebut Prime Lending Rate ialah suku bunga yang paling rendah atau suku bunga dasar yang digunakan sebagai dasar perhitungan suatu kredit. Besarnya SBDK sendiri ditentukan oleh BI.

Scout

Petugas peninjau lokasi properti yang bertugas mencari tanah / properti, mengumpulkan data di lapangan dan melaporkan hasilnya kepada surveyor.

Secondary Market

Properti yang pernah digunakan (bekas) yang kemudian dijual kembali.

Serah Terima

Proses pemberian dan penyerahan kunci properti dari penjual kepada pembeli pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Service charge

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pemilik atau penyewa suatu properti (biasanya dikenakan kepada pemilik atau penyewa apartemen, kantor serta properti komersial lain) untuk layanan yang diberikan pengelola. Service charge ini dihitung per meter persegi.

SHGB

Sertifikat Hak Guna Bangunan adalah kewenanangan untuk mengolah sebuah lahan yang diberikan oleh pemerintah atau satu pihak untuk digunakan hingga 30 tahun dan dapat diperpanjang kembali hingga maksimal 20 tahun.

SHM

Suatu pernyataan legalitas mengenai kepemilikan seseorang terhadap satu properti (misal: Rumah, Tanah atau Ruko). SHM juga dikenal masyarakat luas sebagai legalitas tertinggi dalam kepemilikan. Karena dengan adanya SHM, maka itu berarti tidak ada lagi campur tangan orang lain selain yang namanya tertulis dalam surat.

Sinking fund

Biasa disebut sebagai biaya perawatan ialah biaya yang dikeluarkan oleh penyewa suatu properti (apartemen, kantor, atau properti komersial lain) dan dibayarkan kepada pengelola. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk perawatan fasilitas-fasilitas umum yang rusak misalnya jika satu saat lift rusak atau instalasi air butuh perbaikan.

SIPPT

Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah. Merupakan izin dari pemerintah (gubernur) terhadap penggunaan tanah bagi bangunan dengan kepemilikan luas tanah 5.000 m2 atau lebih.

Site plan (rencana tapak)

Sebuah gambar (biasanya dalam bentuk dua dimensi) yang berisikan tentang rancanangan pembangunan pada sebuah tanah kavling, bangunan ataupun kawasan. Gambar ini dibuat sangat terperinci lengkap dengan jalan utama, saluran air pembuangan, listrik, fasilitas umum dan fasilitas sosial.

SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah surat yang diberikan oleh pejabat setempat kepada pengusaha untuk melaksanakan sebuah usaha.

SKK

Surat Keputusan Keberatan yaitu surat keputusan atas keberatan terhadap Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Kurang Bayar, Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Kurang Bayar Tambahan, Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Lebih Bayar, atau Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Nihil yang diajukan oleh Wajib Pajak.

SKP

Surat Keputusan Pembetulan yaitu surat keputusan untuk membetulkan kesalahan tulis, hitung dan atau kekeliruan dalam penerapan ketentuan Perppu perpajakan yang terdapat dalam Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Kurang Bayar, Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Kurang Bayar Tambahan, Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Lebih Bayar, Surat Ketetapan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Nihil, atau Surat Tagihan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

SMF

Secondary Mortgage Facility yaitu lembaga yang memberikan loan kepada bank-bank pemberi KPR dengan jaminan KPR itu sendiri. Sistem ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan dana dalam rangka kredit kepemilikan rumah bagi masyarakat, yang disalurkan melalui Bank pemberi KPR.

SMM

Secondary Mortgage Market atau pembiayaan sekunder perumahan adalah suatau perusahaan yang dibuat untuk membeli suatu kredit pemilikan rumah (KPR) dari bank kreditur yang kemudian tagihan ini dikemas dalam suatu efek hutang yang kemudian dijual kepada investor seperti misalnya perusahaan asuransi atapun investor perorangan.

SOHO

Small Office Home Office yakni tipe properti yang menggabungkan fungsi hunian dengan area bisnis/perkantoran untuk menunjang aktivitas usaha/bisnis penghuni. Berbeda dengan ruko, SOHO dibangun di lingkungan yang tidak jauh dari pusat bisnis di perkotaan.

Spekulan

Sebuah tindahakan membeli properti untuk mencari keuntungan tanpa memperhitungkan dengan matang resiko yang akan dihadapi.

SPOP

Surat Pemberitahuan Objek Pajak. Yakni sarana bagi wajib pajak untuk mendaftarkan objek pajak yang akan dipakai sebagai dasar untuk menghitung Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang terutang.

SPPT

Surat Pemberitahuan Pajak Terutang. Yakni surat keputusan kepala KPP mengenai pajak terutang yang harus dibayar dalam satu tahun pajak.

Strata title

Hak milik atas unit rumah susun atau apartemen yang juga merupakan kepemilikan bersama atas suatu komplek bangunan dan terdiri dari hak eksklusif untuk ruang pribadi serta hak bersama di ruang publik (misal taman, kolam renang, dan lain-lain).

Sunrise property

Istilah untuk menyebutkan suatu area atau kawasan mempunyai potensi yang menjanjikan untuk lima tahun ke depan. Potensi cerah tersebut ditandai dengan tingkat pertumbuhan di atas rata-rata kenaikan tanah atau pembangunan infrastruktur di area tersebut.

Sunset property

Istilah untuk menyebutkan sebuah area atau kawasan yang diprediksikan tidak memiliki potensi yang baik untuk innvestasi properti. Hal tersebut ditandainya dengan tidak banyaknya jumlah penduduk serta harga tanah yang tidak berkembang.

Superblok
Kawasan kota mandiri yang menggabungkan area perumahan, area perkantoran, area perdagangan, tempat rekreasi dan lain-lain.

Supply

Ketersediaan jumlah berapa buah properti yang tersedia untuk memenuhi permintaan atau demand dari customer. Bisa juga merupakan aktivitas untuk memenuhi jumlah kebutuhan properti yang diincar oleh customer.

Surveyor

Seseorang yang bertugas meninjau lokasi properti secara langsung, mengkonfirmasi data yang diterima dari Scout, bertemu dengan owner dan mengecek keabsahan sertifikat di Notaris / BPT / Kecamatan / Kelurahan. Sering disebut sebagai petugas tahap kedua.

T

TDP

Tanda Daftar Perusahaan yakni diberikan pemerintah kepada perusaahaan yang telah divalidasi pendaftarannya.

Teknik Sipil

Pekerjaan dengan tugas merencanakan kekuatan dan cara menghemat bangunan serta tentang manajemen pelaksanaan pembangunan.

Tenor

Jangka waktu pembayaran cicilan kredit.

Top-up

Meningkatkan batas tertinggi kredit pinjaman.

Topping off

Pemasangan atap bangunan sebagai simbol akhir proses konstruksi.

Turn key

Serah terima kunci, merupakan moment dimana penyerahan kunci proyek properti baik rumah, apartemen ataupun ruko dari developer ke pada customer.

Turn Over

Proyeksi waktu balik modal sebuah investasi.

U
Urban

Kawasan yang difungsikan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemerintahan, pelayanan sosial dan bisnis.

Y
Yield

Keuntungan yang dihitung dari nilai sewa properti per tahun dibandingkan dengan harga properti. Kisaran yield per tahun berbeda dari masing-masing tipe properti.

Dijual Rumah Dekat Kampus UMP Purwokerto

Posting by Admin

Dijual Rumah Dekat Kampus UMP Purwokerto

Dijual Rumah Dekat Kampus UMP Purwokerto Mohon maaf, untuk saat ini listing yang anda cari .belum tersedia. Silahkan Klik tautan dibawah untuk mencari listing kami yang lainnya ..... seobaca seowa    



616 Kali